Penyakit Tumor Payudara : Pengertian dan Cara Mengobatinya
Tumor Payudara
Tumor Payudara

Apakah Anda sudah mendeteksi terdapat tonjolan di payudara Anda? Anda butuh mewaspadainya sebab tonjolan pada buah dada dapat menjadi salah satu ciri- ciri tumor payudara.

Apa sajakah identitas tumor payudara ataupun indikasi tumor buah dada? Apa saja perihal yang jadi pemicu tumor buah dada? Gimana metode menyembuhkan tumor buah dada supaya tidak tumbuh lebih parah?

Baca terus buat mengenali seluruh jawaban atas sebagian persoalan di atas. Temuka pula pengertian tumor payudara, tipe tumor payudara, serta tingkatan tumor buah dada.

Tumor payudara merupakan penyakit yang muncul sebab ada massa jaringan yang tidak wajar pada buah dada. Massa jaringan yang tidak wajar tersebut berupa tonjolan di payudara.

Tonjolan pada buah dada yang di nyatakan sebagai tumor disebut bagaikan tumor payudara. Anda butuh ketahui kalau terdapat 2 jenis tumor payudara, yakni tumor jinak serta tumor ganas. Kedua tipe tumor ini mempunyai ciri yang berbeda.

Tumor buah dada yang jinak tidak mempunyai sifat kanker, sebaliknya tumor buah dada yang ganas bersifat kanker serta dapat mematikan. Pada tumor payudara yang jinak, ini tidak mengancam jiwa namun dapat terus berkembang.

Bila tumor buah dada yang didiagnosis ternyata tumor ganas hingga perihal ini wajib diwaspadai sebab dapat tumbuh jadi kanker payudara serta dapat menyebar ke bagian badan yang lain.

Nyaris sama semacam kanker yang mempunyai sebagian tingkatan stadium, pada tumor payudara juga pula ada sebagian tingkatan bergantung massa jaringan yang abnormal. Pada tumor jinak, tingkatan tumor berperan buat mengetahui kesempatan pengobatan total.

Tingkatan pada tumor buah dada ini dapat pula berlaku buat tipe tumor payudara yang ganas. Perihal ini bertujuan buat mengklasifikasikan tingkatan keparahan mutasi serta probabilitas distribusi sel- sel tumor ganas.

Akan tetapi, Anda jangan salah paham berpendapat tingkatan tumor buah dada sama dengan stadium kanker. Tingkatan pada tumor buah dada serta tingkat stadium kanker bukanlah sama.

perawatan tumor payudara

Gejala tumor payudara

Indikasi tumor payudara tidak sama pada kedua kategori. Pada tumor payudara jinak, indikasi yang timbul dapat berbeda dengan indikasi tumor payudara ganas. Simaklah indikasi tumor payudara jinak serta ganas.

Baca Juga  Penyakit Stroke : Pengertian dan Cara Mengobatinya

1. Gejala tumor payudara jinak

Tumor payudara jinak merupakan permasalahan benjolan di payudara yang tidak beresiko. Terdapat sebagian kategori permasalahan jendulan buah dada yang jinak, di antara lain merupakan fibroadenoma, papiloma intraductal, lipoma, serta masitis. Berikut ini merupakan sekian banyak indikasi tumor buah dada jinak:

  • Terdapat tonjolan berdiameter 1- 2 centimeter ( sebagian permasalahan tidak ada )
  • Payudara membesar
  • Puting lebih menonjol keluar
  • Sakit ataupun perih pada payudara ( beberapa permasalahan )

Bila Anda merasakan salah satu ataupun sebagian indikasi tumor jinak tersebut sehingga lakukanlah konsultasi dengan dokter buat membenarkan kalau itu tidaklah tumor payudara ganas serta lekas memperoleh pertolongan medis.

2. Gejala tumor payudara ganas

Indikasi di atas pastinya sedikit berbeda dengan indikasi tumor payudara yang ganas. Terdapat sebagian indikasi tumor payudara ganas yang butuh Anda mengerti sehingga dapat selekasnya mendeteksinya. Berikut ini merupakan sebagian indikasi tumor payudara ganas:

  • Terdapat tonjolan di payudara semacam kelereng
  • Payudara membesar
  • Payudarah berubah bentuk
  • Kulit payudara memerah serta mengelupas
  • Diiringi rasa perih pada buah dada serta ketiak
  • Berlangsung ruam di dekat zona puting
  • Puting menghasilkan cairan apalagi sanggup bercampur darah

Bila Anda merasa mempunyai indikasi di atas, hendaknya lekas bertanya dengan dokter. Perihal ini bertujuan buat membenarkan kalau Anda sudah mengidap tumor payudara ganas serta dapat lekas memperoleh penindakan.

Diagnosis tumor payudara

Bila Anda sudah mempunyai salah satu ataupun sebagian identitas tumor payudara hingga dokter bakal melaksanakan sebagian langkah selaku metode buat melaksanakan diagnosis tumor payudara. Berikut ini merupakan sebagian diagnosis tumor payudara:

1. Pengecekan fisik payudara

Pengecekan fisik ini merupakan langkah dini buat mengecek terdapatnya tonjolan ataupun tidak pada buah dada. Dokter hendak mengecek payudara buat mengetahui terdapatnya tonjolan ataupun indikasi lain.

2. Mammogram

Diagnosis tumor buah dada dengan memakai mammogram dilakukan sehabis pengecekan fisik buat lebih menentukan. Mammogram merupakan pengecekan dengn memakai sinar x buat skrining benjolan.

3. USG payudara

Tidak hanya mammogram, diagnosis tumor payudara pula dapat dengan memakai USG. Ini juga berperan buat melihat massa jendulan di payudara apakah padat ataupun cairan.

4. Biopsi

Dokter bakal mengambil sampel jaringan yang terdapat di dalam tonjolan buah dada. Sampel tersebut berikutnya bakal dianalisis di laboratorium. Perihal ini bertujuan buat membenarkan apakah tumor tersebut bersifat kanker maupun tidak.

Baca Juga  Penyakit Hamil Anggur : Pengertian dan Cara Mengobatinya

Pengobatan tumor payudara

Tidak cuma indikasi serta pemicu, penyembuhan tumor payudara pula memiliki sedikit perbandingan buat kedua kategori tumor payudara. Simaklah penyembuhan buat tumor buah dada jinak serta ganas.

1. Pengobatan tumor payudara jinak

Pada permasalahan tumor buah dada jinak ataupun fibroadenoma, tidak membutuhkan penyembuhan spesial ataupun dibiarkan saja. Perihal ini disebabkan tumor jinak pada buah dada tidak membahayakan jiwa serta dapat hilang disaat menopause.

Banyak perempuan yang memilah tidak mau pembedahan sebab pembedahan dapat mengganggu keindahan payudara. Tetapi, sebagian perempuan memilah buat melaksanakan penyembuhan dengan jalan pembedahan.

Perihal ini dapat pula diakibatkan tumor yang memunculkan rasa sakit ataupun atas saran dokter sebab dapat tumbuh ke arah kanker. Pembedahan pengangkatan tumor jinak wajib lewat prosedur lumpektomi serta cryoablasi.

2. Penyembuhan tumor payudara ganas

Penyembuhan tumor payudara yang ganas sedikit berbeda dengan penyembuhan tumor buah dada jinak. Penyembuhan tumor buah dada bergantung pada sebagian aspek keadaan medis serta penderita. Berikut ini merupakan sebagian opsi penyembuhan tumor payudara ganas:

1. Radiasi

Penyembuhan dengan memakai pengobatan radiasi bertujuan buat menghancurkan sel- sel kanker. Metode ini dilakukan sesudah pembedahan. Pengobatan radiasi pula biasa dicoba bertepatan dengan chemotherapy.

2. Operasi

Pembedahan pengangkatan tumor buah dada ganas dicoba lewat sebagian metode. Sebagian pembedahan tumor buah dada ganas, ialah lumpektomi, masektomi, biopsi sentinel. Dokter bakal melihat terlebih dulu keadaan tumor.

3. Pengobatan obat ataupun hormon

Penyembuhan dengan membagikan obat ataupun hormon tertentu dapat menghindari timbulnya tumor buah dada ganas datang kembali. Hormon yang biasa diberikan yakni reseptor estrogen positif serta reseptor progesteron positif.

Ada pula obat- obatan yang dapat diberikan buat menyembuhkan tumor ganas pada buah dada semacam bevacizumab ( Avastin ), trastuzumab ( Herceptin ), serta lapatinib ( Tykerb ).

4. Kemoterapi

Chemotherapy dianggap sebagai metode jitu buat menyembuhkan tumor payudara ganas namun mempunyai sebagian dampak samping semacam rambut rontok. Tumor ganas yang mendapat tindakan chemotherapy bakal mengecil serta mati.